0878 3846 6396
Kadekrowo, Gilangharjo, Pandak - Bantul
blog-img
04/01/2022

APHP SMK Negeri 1 Pandak Berhasil Meraih Juara 3 dalam Lomba Kreasi Kuliner Tradisional

admin | Prestasi

SMK Negeri 1 Pandak kembali menuai prestasi. Team perwakilan sekolah yang beranggotakan 5 siswi dari Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) yaitu Yeni Arika Suraidama dari kelas XII APHP 1, Daffa Kaila Amani dari kelas XII APHP 2, Sari Batika dari kelas XII APHP 2, Lintang Kinanti dari kelas XI APHP 2, Anggi Rosita Ningtyas dari kelas XI APHP 2 ini menyabet juara ke-3 dalam lomba Kreasi Kuliner Tradisional oleh Milenial Muda atau KRATON MILEA. Lomba ini mengusung tema olahan dengan kategori bahan dasar tepung singkong dan umbi-umbian. Lomba digelar pada 30 November – 1 Desember 2021 oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Daerah Istimewa Yogyakarta yang bertempat di Sari Dewi Catering. Lomba yang menguji kreativitas siswa ini dihelat dalam rangka pengembangan semangat entrepreneurship atau kewirausahaan bagi kalangan pelajar yang diharapkan bisa menjadi calon start-up. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan kreasi olah boga kuliner tradisional pada generasi muda milenial.
Lomba diawali dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari perwakilan penyelenggara dan juri. Lomba dilaksanakan dalam 2 sesi yaitu sesi pagi dan siang. Setiap team peserta  diberi waktu selama 2 jam dengan rincian 90 menit masak dan 30 menit penyajian atau plating  untuk 2 menu. Perwakilan team dr SMK Negeri 1 Pandak harus menyiapkan 8 porsi antara lain 7 untuk juri dan 1 untuk display. “Setelah selesai plating dan display, kami diminta menjelaskan kepada juri tentang masakan apa yang kami buat. Mulai dari inovasi atau modifikasi, bahan, dan alasan mengapa memilih menu tersebut” ungkap Lintang Kinanti. Lomba dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori A (singkong) dan kategori B (tepung ketan). Team dari SMK Negeri 1 Pandak menyabet juara 3 dalam kreasi kategori B dengan membuat kreasi Candil Pelangi dan Keciput Wijen. Penutupan sekaligus pengumuman pemenang dilakukan pada hari kedua. Team yang terdiri dari 5 orang siswi ini, berhasil menyabet Juara 3 dan mendapat hadiah uang sebesar Rp. 9.000.000,00 untuk kategori tepung ketan.
Ibu Heri Kurniawati,S.T.P., M.Eng selaku pembimbing siswa dalam lomba kali ini berharap supaya jejak kesuksesan dari team yang solid ini bisa memotivasi seluruh siswa SMK Negeri 1 Pandak untuk berprestasi meraih mimpi di masa depan. (F&F)

Bagikan Ke: