0878 3846 6396
Kadekrowo, Gilangharjo, Pandak - Bantul
blog-img
05/11/2021

SMK Negeri 1 Pandak sebagai SMK Pusat Keunggulan

admin | Kegiatan Sekolah

SMK Negeri 1 Pandak adalah salah satu sekolah kejuruan di kota Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mendapatkan kesempatan menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK). SMK PK merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industry dan dunia kerja. SMK PK di SMK Negeri 1 Pandak dimulai pada tahun 2020 yang sebelumnya diberi nama CoE ( Center Of Excellence) dan sekarang berubah menjadi PK (Pusat Keunggulan). Program SMK PK pada akhirnya akan menjadikan SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Pusat Keunggulan di SMK Negeri 1 Pandak berkonsentrasi di kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). Produk yang diunggulkan yaitu penanaman bawang merah yang tidak tergantung dengan musim.

Ibu Yulia Suhartini, S.Pd. selaku Wakil Kepala bagian Kurikulum menyampaikan bahwa memang hanya 1 kompetensi keahlian yang mendapatkan stimulan dana dari direktorat yaitu ATPH akan tetapi yang namanya SMK PK itu keseluruhan sehingga program keahlian yang lain harus ikut berlari mengikuti ATPH. Contohnya di kompetensi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) yang sedang mengerjakan kerjasama dengan Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim. Program keahlian Agribisnis Ternak bekerjasama dengan PT Andisa untuk budidaya ayam joper.

Dra. Meiyun Wihadiyati, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pandak berharap agar semua guru, karyawan, siswa-siswi dan seluruh civitas akademika SMK Negeri 1 Pandak berjuang bersama-sama, kompak, dan memiliki satu visi yang sama untuk merealisasikan SMK PK ini. Monitoring dan Evaluasi SMK PK dipantau oleh dua yaitu dari balai besar vokasi dan dari perguruan tinggi pendamping yaitu dari Universitas Gadjah Mada. (F&F)

Bagikan Ke: